Interest

9 Tempat Terkeren di Dunia Ini Sulit Dikunjungi Publik, No. 7 Ngeri Banget

Jingga Irawan

Posted on February 15th 2021

Benteng Bhangarh India (Foto: India Times)

Tidak semua pulau dengan memiliki pemandangan cantik, gua bersejarah, dan benteng kuno dapat dijadikan sebagai lokasi wisata. Di zaman modern ini, masih ada beberapa lokasi di dunia yang terbatas untuk dilihat publik. Alasannya bermacam-macam, ada yang terkutuk, berbahaya karena hewan liar, hingga penduduk lokal yang tidak bersahabat. Berikut 9 lokasi tersebut:

1. Kuil Agung Ise, Jepang

Berasal dari abad ketiga, Agung Ise dianggap sebagai kuil Shinto paling suci di Jepang. Bangunan ini adalah rumah spiritual orang Jepang dan agama nasionalnya Shinto, dan karenanya menerima banyak peziarah dan turis setiap tahun.

Kuil Agung Ise atau yang dikenal sebagai Ise Jingu adalah sebuah komplek yang terdiri lebih dari 125 kuil di Kota Ise, Prefektur Mie. Tempat pemujaan yang megah dan menakjubkan berpusat di sekitar kuil utama Naiku (kuil dalam) dan Geku (kuil luar). Bangunan kuil utama terletak dengan memukau di kaki perbukitan berhutan lebat, yang menjadikannya salah satu situs arsitektur indah di Jepang.

Tapi, tidak semua orang bisa memasuki lokasi suci itu. Pengunjung hanya dapat melihat sebagian dari bangunan kuil utama karena hampir seluruhnya tersembunyi dari pandangan di balik pagar kayu. Tempat suci bagian dalam hanya dapat dimasuki oleh anggota keluarga kekaisaran dan beberapa petinggi agama dari kuil yang terpilih. Pengunjung juga tidak diperbolehkan mengambil gambar bangunan kuil utama.

 

2. Doomsday Vault, Norwegia

Doomsday Vault adalah tempat penyimpanan benih tanaman yang terletak di tengah kepulauan Arktik Svalbard, di Norwegia. Doomsday Vault tampak seperti sebuah bangunan terlindung yang berfungsi melestarikan keanekaragaman hayati tanaman pertanian dari seluruh dunia. Jika terjadi kehancuran dunia, benih tanaman di lokasi penyimpanan itu dapat dimanfaatkan.

Bangunan ini tidak terbuka untuk umum tetapi memungkinkan masuknya tamu khusus hanya pada hari-hari tertentu. Tujuannya agar tanaman tetap terjaga. Tempat ini dibuka pada 2008. Bangunan ini didirikan untuk bertahan sekitar 200 tahun dan dapat menahan ledakan serta gempa bumi. Lokasinya juga strategis, karena berada di sisi gunung, itu akan tetap di atas permukaan laut. Bahkan jika semua es di planet mencair, lokasi tempat ini masih tinggi.

 

3. Pulau Sentinel Utara yang menawan di India

Pulau Sentinel Utara terletak di Andaman. Merupakan salah satu tempat terlarang di bumi. Penduduk aslinya, yang dikenal sebagai suku Sentinel, menolak kontak apapun dengan dunia luar. Mereka tetap menjadi salah satu dari sedikit masyarakat yang tetap tidak tersentuh oleh peradaban modern.

Orang-orang yang mendiami pulau itu sering melakukan kekerasan untuk menjaga isolasi mereka. Suku Sentinel telah tinggal di pulau itu selama lebih dari 50.000 tahun di bawah perlindungan Pemerintah India.

Pada tahun 2004, ketika peneliti menilai kerusakan setelah tsunami Samudera Hindia, helikopter mereka diserang oleh suku Sentinel saat mendekati pulau. Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut, namun, hal ini menunjukkan betapa kerasnya penduduk pulau itu melindungi wilayah mereka.

 

4. Gua Lascaux, Prancis

Gua Lascaux di Prancis ini dianggap sebagai salah satu situs arkeologi penting dunia. Konon di dalam gua tersebut terdapat lukisan prasejarah yang berasal dari setidaknya 17.300 tahun yang lalu. Kumpulan lukisan Paleolitikum itu melekat di dinding gua. Lukisan-lukisan ini menampilkan binatang seperti sapi, rusa jantan, bison, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, gua tersebut disegel untuk umum setelah 1963. Sebab saat itu para arkeolog menyimpulkan bahwa keberadaan manusia di gua tersebut dapat merusak karya seni kuno.

Sutradara Jerman yang kontroversial seperti Werner Herzog diizinkan dengan izin khusus dari Menteri Kebudayaan Prancis untuk memasuki gua dan membuat film dokumenter tahun 2010, Cave of Forgotten Dreams. Ia dan krunya hanya diizinkan masuk syuting selama 6 hari dengan waktu masing-masing 4 jam.

 

5. Benteng Bhangarh, India

Benteng megah yang terletak di Rajasthan ini dulunya menjadi kebanggaan rumah bagi kerajaan yang indah. Sekarang kondisinya dianggap sebagai benteng paling berhantu di India.

Benteng ini dibangun oleh penguasa Amber Kachwaha untuk putra bungsunya pada 1573. Lambat laun populasi orang di dalanya menyusut hingga pada 1783 terjadi kelaparan parah. Penduduk desa yang masih tinggal di sana akhirnya mengungsi ke luar. Cerita legenda lokal menyatakan bahwa alasan kerajaan runtuh adalah karena benteng itu dikutuk.

Faktanya, Benteng Bhangarh adalah satu-satunya tempat berhantu yang "diakui secara hukum" di India. Menurut Times of India, izin pemerintah diperlukan hanya untuk dapat masuk ke dalam benteng itu sebelum fajar atau setelah matahari terbenam. Alasan tidak bebasnya masuk ke benteng ini karena disebut banyak liar, termasuk harimau. Selain itu kurangnya penerangan buatan di daerah tersebut juga menjadi alasan. Tapi itu alasan resminya, tidak resminya tak tahu lagi apa misteri yang bersembunyi di balik reruntuhan.

 

6. Makam Qin Shi Huang, Tiongkok

Makam kaisar pertama Tiongkok dan pendiri Dinasti Qin Qin, Shi Huang adalah salah satu lokasi paling tidak dapat diakses di dunia. Para pembangun makam menciptakan kerumitan jaringan gua yang dipenuhi dengan hal-hal misterius.

Untuk menghormati situs kuno tersebut, Pemerintah Tiongkok memutuskan untuk melarang penggalian apa pun di Makam Qin Shi Huang. Aturan ini menjadikannya salah satu tempat paling terlarang di dunia untuk menghormati almarhum raja.

 

7. Poveglia, Italia

Poveglia adalah pulau kecil yang terletak di antara Venesia dan Lido. Tempat itu sering disebut lokasi terkutuk karena berbagai peristiwa pernah terjadi di sana. Terdapat fakta bahwa tempat itu dulunya merupakan stasiun karantina wabah dan menampung lebih dari 160 ribu orang yang terinfeksi, yang menjalani hari-hari terakhir mereka di sana.

 

8. Fort Knox, AS

Terletak di Kentucky, Fort Knox adalah rumah bagi sebagian besar cadangan emas di Amerika Serikat. Tempat ini sering disebut sebagai tempat yang paling dijaga ketat di dunia. Lokasi ini memiliki beberapa lapis keamanan yang dapat membuat siapa pun berpikir untuk mengunjunginya.

Hal yang paling menarik adalah bahkan tidak ada anggota staf yang dapat memiliki akses ke lemari besi. Untuk mendapatkan akses ke sana, mereka perlu mengetahui beberapa kombinasi angka, tetapi setiap anggota staf hanya mengetahui satu kombinasi saja, sehingga mereka hanya dapat memasuki lemari besi dengan kombinasi dari seluruh staff.

Selain itu, karena bangunannya terbuat dari granit berlapis beton dan diperkuat oleh baja, maka dapat dipastikan bangunan ini dapat menahan serangan dari dunia luar. Tidak akan mampu ditembus oleh serangan Joker dan komplotannya dengan bus sekolah. Hehehe..

 

9. Ilha Da Queimada Grande, Brasil

Ilha da Queimada, atau Pulau Ular merupakan tempat tinggal bagi ribuan ular. Pulau ini juga disebut-sebut sebagai tempat tinggal salah satu ular paling berbisa di dunia, Golden Lancehead Viper. Racunnya dikatakan sangat mematikan sehingga bisa melelehkan tubuh manusia dengan satu gigitan.

Penduduk setempat mengklaim bahwa ada lima ular setiap jengkal mil di pulau ini, dan kebanyakan mematikan. Pulau dilarang bagi pengunjung dan pemerintah Brasil menerapkan aturan ketat untuk menjaganya tetap seperti itu. Peneliti yang ahli dalam kehidupan ular hanya bisa masuk dengan syarat keikutsertaan dokter di timn penelitiannya.(*)

Related Articles
Interest
Jauh Dari Keramaian, Pulau-Pulau Kecil di Italia Ini Bebas Covid-19!

Interest
Ini Daftar Pulau Terbaik untuk Dikunjungi di Dunia, Ada Bali Juga Lho!

Current Issues
Sejumlah Negara Ini Tawarkan Diskon Gila-gilaan untuk Pulihkan Pariwisatanya