Tech

Huawei Garap Konsol dan Laptop Gaming, Kelasnya di Atas PlayStation 5

Jingga Irawan

Posted on February 14th 2021

Raksasa teknologi asal Tiongkok Huawei dirumorkan masuk ke segmen pasar gaming. Mereka bakal memproduksi satu set notebook gaming dan konsol game buatannya sendiri. Konon mirip Xbox dan PlayStation 5 gitu, gengs. Rumor ini disampaikan oleh seorang tipster di Weibo.

Konon konsol pertama Huawei itu bakal diberi nama MateStation. Seorang tipster tersebut mengatakan jika peluncuran konsol itu bisa bersamaan dengan kehadiran PlayStation 5 dan Xbox Series X di Tiongkok, sekitar pertengan 2021. Namun ada kemungkinan konsol buatan Huawei itu kelasnya lebih atas daripada PS5 atau Xbox Series X

Menjelang perilisan konsol game, Huawei kemungkinan juga bakal meluncurkan jajaran laptop baru. Laptop itu dirancang khusus untuk gaming. Sebelum, Honor dijual ke ShenZehn Zhixin New Information, perusahaan itu juga sempat meluncurkan laptop gaming dengan brand Honor Hunter V700, yang secara teknis masih berada dalam naungan Huawei.

Namun, kabar ini belum dapat dikonfirmasi oleh perusahaan. Jika benar, Huawei kemungkinan menggunakan chip HiSilicon-nya sendiri di laptop gaming yang bakal diproduksinya. Chip HiSilicon Kunpeng 920 milik perusahaan ini didasarkan pada Advanced RISC Machines (ARM), dan telah ditampilkan di komputer MateStation B515 dengan GPU AMD Radeon 430.

Sebenarnya kabar mengenai laptop gaming Huawei sudah beredar sejak 2020. Namun tidak ada kabar lagi hingga sekarang. Pada awal 2021, Huawei hanya memperkenalkan laptop MateBook X Pro, MateBook 13 dan 14 baru yang ditenagai oleh prosesor Intel Generasi ke-11. (*)

Foto: AFP

Related Articles
Tech
Perketat Izin Peralatan Huawei di AS, Joe Biden Setujui Undang-Undang Baru

Tech
Raksasa Teknologi Baidu dan Geely Investasikan USD 7,7 Miliar untuk Smart EV

Tech
Rayakan Tahun Macan, Microsoft Perkenalkan Xbox Series S Khusus