Current Issues

WHO: Semua Hipotesis Asal-Usul Covid-19 Masih Terbuka

Dwiwa

Posted on February 13th 2021

Misteri darimana Covid-19 berasal masih belum terpecahkan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menegaskan jika seluruh hipotesis terkait asal usul Covid-19 masih terbuka. Dilansir dari CNA, hal ini diungkap WHO usai Amerika Serikat berniat meninjau data dari misi tim WHO di Tiongkok.

Pernyataan yang dibuat oleh Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus ini memungkinan seluruh teori, termasuk kebocoran dari laboratorium di Wuhan, tetap diperhitungkan.

Sebelumnya WHO telah mengirimkan tim dengan misi menyelidiki asal-usul wabah Covid-19. Dalam misi yang menghabiskan empat minggu di Tiongkok ini kepala tim WHO Peter Ben Embarek sempat mengatakan jika kebocoran dari laboratorium sepertinya tidak mungkin dan tidak perlu penelitian lebih lanjut.

"Beberapa pertanyaan telah diajukan apakah beberapa hipotesis telah dihilangkan. Setelah berbicara dengan beberapa anggota tim, saya ingin memastikan bahwa semua hipoteris tetap terbuka dan memerlukan analisi dan studi lebih jantut," ujar Tedros.

"Beberapa dari pekerjaan itu mungkin berada di luar kendali dan ruang lingkup misi ini. Kami selalu mengatakan bahwa misi ini tidak akan menemukan semua jawaban, tetapi telah menambahkan informasi penting membawa kita lebih dekat untuk memahami asal-usul virus Covid-19," lanjutnya.

Tedros mengatakan, laporan ringkasan dari temuan misi dapat muncul paling cepat minggu depan, diikuti dengan laporan akhir dalam beberapa minggu mendatang. Keduanya akan dipublikasikan.

Misi tersebut mengatakan hipotesis utamanya adalah bawah virus itu berasal dari kelelawar. Tetapi ada beberapa kemungkinan skenario bagaimana virus itu menular ke manusia, termasuk kemungkinan pertama kali dengan menginfeksi spesies hewan lain.(*)

Artikel Terkait
Current Issues
Ini Rencana WHO untuk Keluar dari Fase Darurat Pandemi

Current Issues
Kematian Akibat Covid-19 Tembus Sejuta, Apa yang Harus Dilakukan?

Current Issues
WHO Klasifikasikan Varian Virus Corona India Sebagai “Perhatian Global”