Tech

Ban Tran, Perempuan Misterius yang Ciptakan Karakter Cewek Pertama di Video Game

Ahmad Redho Nugraha

Posted on February 12th 2021

Sama seperti media hiburan lain, video game juga memiliki sejarahnya sendiri. Tapi sayangnya, pencatatan sejarah perkembangan game tidak serapi dan selengkap sejarah media hiburan lain, seperti film dan komik misalnya. Terlebih soal sosok misterius di balik pembuatan sebuah game.

Hal ini terjadi mengingat industri game masih beririsan dengan industri teknologi. Sehingga para pembuat game yang bekerja di balik layar seringkali tidak terekspos di hadapan publik dan tak populer. Berbeda dengan pembuat film dan komik. Maka tidak mengherankan jika ada banyak sosok pembuat game yang tidak terkenal, atau bahkan misterius. Salah satunya adalah Ban Tran.

Seorang sejarawan game bernama Kevin Bunch memiliki obsesi tersendiri dalam menemukan sosok Ban Tran. Ban Tran, yang diduga merupakan seorang perempuan berdarah Asia Tenggara yang bekerja di industri game pada tahun '80-an. Terakhir kali diketahui berada di Texas. Bunch pun mengirimkan banyak surat ke berbagai alamat milik orang bernama serupa di Texas sejak 2019 lalu.

Namun sayangnya, hasilnya nihil.

Ban Tran adalah sosok yang mengundang rasa penasaran. Sebab ia perempuan yang bekerja di industri game pada tahun 80-an, dan tidak banyak perempuan yang bekerja di indsutri game pada kurun itu. Ban Tran juga diketahui memberikan berbagai kontribusi terhadap perkembangan industri game pada masa itu, namun sayangnya, namanya seperti hilang dari sejarah.

Industri game memang sangat dinamis. Beberapa jenis game yang pernah diproduksi bahkan dapat kehilangan popularitasnya hanya dalam waktu beberapa tahun. Hal itu bisa jadi karena berhenti diproduksi atau karena konsolnya sudah tidak dimainkan semua orang. Jadi tidak mengherankan jika nama seperti Ban Tran bisa menghilang dari sejarah.

Di era digital yang mendukung kesetaraan gender, terutama di bidang industri teknologi, sosok Ban Tran menjadi pengundang obsesi bagi sebagian orang. Bagaimana bisa seorang perempuan bekerja di industri game yang saat itu masih didominasi oleh laki-laki dan sarat akan patriarkisme?

Dan, ternyata Bunch bukan satu-satunya orang yang mencoba melacak Ban Tran dalam hampir satu dekade terakhir.

"Salah satu hal terberat ketika menulis tentang perempuan dalam industri gaming adalah ketika mereka berganti nama setelah berhasil merilis satu produk, lalu hasil pekerjaan mereka selama ini pun kemudian terbagi menjadi dua nama, atau bahkan terhapuskan sama sekali," ujar Kate Willaert, seorang sejarawan game.

Di negara-negara seperti AS dan Eropa, pernikahan bagi seorang perempuan berarti pergantian nama belakang. Dilansir dari Polygon, kebanyakan perempuan dalam industri game akan sengaja membiarkan nama belakang mereka meski setelah menikah. Sebab credit yang mereka peroleh dari game buatan mereka akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan karier di masa mendatang. Kestabilan identitas menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhitungkan bagi perempuan yang berkarier di industri game.

Ban Tran mungkin saja kehilangan nama belakangnya karena pernikahan. Bahkan jika tidak, Ban Tran sendiri adalah nama orang Vietnam yang sangat umum. Buku telepon Texas bahkan memiliki 100 halaman yang memuat kontak orang bernama Ban Tran.

Mengapa pencarian Ban Tran menjadi penting bagi sejarah gaming? Hal tersebut berkaitan dengan industri game itu sendiri. Ban Tran kemungkinan adalah pekerja industri game yang menciptakan karakter game perempuan pertama di dunia.

Pada tahun 1982, developer bernama Apollo merilis game bernama Wabbit di konsol Atari 2600. Wabbit, berbeda dengan game Atari lainnya, memiliki karakter playable on-screen yang merupakan seorang perempuan bernama Billie Sue. Pemain game ini berperan sebagai Billie Sue yang berusaha melindungi kebun wortelnya dari serangan kelinci.

"Game ini colorful, penuh dengan objek yang gampang dikenali di layar, cepat dan lumayan unik," komentar Bunch. Perlu diketahui, kualitas game yang ada pada tahun 80-an sama sekali berbeda dengan game yang bisa dimainkan di masa kini.

"Wabbit mungkin merupakan salah satu game terbaik yang pernah dibuat perusahaan tersebut," lanjut Bunch.

Menurut penelitian Willaert, Ban Tran ternyata dipekerjakan oleh Apollo setelah dia sebelumnya mengirimi surat lamaran berisi konsep game "tidak biasa" ke perusahaan tersebut. Ide Ban Tran diduga melampaui teknologi hardware pembuatan game yang ada pada masa itu, namun karena keberaniannya dalam beride, Tran kemudian diwawancarai oleh Apollo.

Bunch mengatakan jika Atari 2600 bukan teknologi yang gampang diutak-atik pada masa itu. Kenyataan bahwa Ban Tran langsung terjun ke bidang gaming dan mengerjakan game-nya sendiri mengindikasikan jika perempuan itu memiliki latar belakang skill atau pengalaman mumpuni di bidang teknologi.

Sayangnya, setahun setelah Tran bergabung dengan Apollo, perusahaan tersebut bangkrut. Tran masih bertahan dengan mengerjakan proyek lain di tempat lain. Tapi tidak ada yang tahu apa yang terjadi padanya setelah itu. Dia bisa saja sudah pergi dari Texas, atau bahkan sudah mengganti namanya.

Willaert sendiri terobsesi mengulik soal Ban Tran karena dia sedang mengerjakan serial YouTube 50 episode tentang karakter protagonis perempuan playable.

"Karakter-karakter ini seringkali diperlakukan seperti catatan kaki dalam sejarah gaming, jadi aku menantang diriku sendiri untuk menggali cukup banyak informasi, agar aku dapat memberikan "babak" tersendiri bagi setiap serial," tukas Willaert.

Willaert telah mengerjakan proyek tersebut selama 10 tahun, dan selama itu itu pula dia telah berusaha menemukan Ban Tran. Namun kini, pencarian Willaert akan Ban Tran menemui jalan buntu. 

Para pendiri Apollo bahkan tidak mengingat apa-apa soal Ban Tran, selain dia adalah orang Vietnam yang sangat ingin bekerja di Apollo. Mereka bahkan ragu jika nama orang tersebut benar-benar Ban Tran. "Dia seperti berubah menjadi hantu," komentar Bunch soal Ban Tran yang misterius.(*)

Related Articles
Hobi
Ramaikan Persaingan Sony dan Microsoft, Atari Siap Rilis Konsol Baru: Atari VCS

Hobi
Inilah Enam Kaset Game Terlangka dan Termahal di Dunia!

Tech
Siap Jajal Industri Game Streaming, Amazon Luncurkan Luna