Lifestyle

Imlek Sebentar Lagi, Ini Tradisi Unik yang Harus Diikuti biar Tetap Hoki

Kezia Kevina Harmoko

Posted on February 11th 2021

(Foto: Freepik)

Tahun Baru Imlek alias Chinese New Year akan datang sebentar lagi nih! Hari spesial bagi masyarakat Tionghua tahun ini jatuh di hari Jumat (12/2). Tanggal ini mengikuti hari pertama di kalender tradisional Tiongkok. Setiap tahunnya memang seakan berubah tanggal, namun sebenarnya menurut kalender tradisional, waktunya selalu sama.

Nah, perayaan tahun baru Tiongkok ini punya sederet tradisi unik lho. Apa aja ya kira-kira? Yuk, simak!

1. Gak boleh bicara negatif

Bicara dengan kata-kata yang punya konotasi buruk seperti kematian, penyakit, rasa sakit, kemiskinan, kesedihan, dan lain-lain sebenarnya haram banget dilakukan saat Imlek. Dipercaya kalau mengatakan hal-hal yang negatif seperti itu, kita sama aja membawa nasib sial di tahun baru ini.

2. Jangan memecahkan barang

Memecahkan barang seperti mangkuk, gelas, vas, atau benda lain dihubungkan dengan memutus atau menghancurkan keberuntungan. Tapi, kadang bisa aja nggak sengaja terjadi kan? Tenang, bukan berarti bakal sial sepanjang tahun kok. Bungkus pecahan dengan kertas merah, lalu buang setelah hari Imlek sudah lewat.

3. Hindari makan bubur

Pagi-pagi sarapan bubur ayam kan enak ya? Tapi, sebaiknya jangan dilakukan di Hari Imlek. Bubur dianggap sebagai makanan orang kurang mampu. Makan bubur di tahun baru dianggap membawa pertanda buruk.

4. Gak boleh bersih-bersih rumah

Mungkin ini yang paling sering didengar. Menyapu atau membersihkan rumah dengan cara apapun di hari Imlek dianggap membersihkan hidup dari keberuntungan. Kalau mau bersih-bersih, lakukan sebelum hari H.

5. Gak boleh berutang atau menagih utang

Jangan meminjam uang saat Imlek dan semua utang harus sudah lunas sebelum malam hari spesial tersebut. Kalau misalnya ada orang yang menunggak, kita juga gak boleh mendatangi rumah orang tersebut untuk meminta. Katanya sih kalau dilanggar, kita bakal nggak beruntung sepanjang tahun.

6. Jangan keramas atau cuci baju

Jangan keramas atau cuci baju di hari pertama dan kedua Imlek. Sejarahnya gini. Dua hari tersebut adalah ulang tahun dari dewa air, Shuishen. Rambut dalam bahasa Mandarin adalah fa dan pelafalannya mirip dengan kata facai yang berarti menjadi kaya. Karena itu, mencuci rambut dianggap mengusir hoki.

7. Tempat penyimpanan beras gak boleh kosong

Padi memang umum menjadi lambang kemakmuran. Kalau saat tahun baru Imlek, kita gak boleh berhenti saat memasak. Kalau misalnya stop karena beras habis atau masak tiba-tiba berhenti karena sesuatu hal, ini dianggap sebagai pertanda buruk.

8. Jangan pakai benda tajam

Benda tajam seperti gunting, pisau, dan jarum sebaiknya dihindari. Awalnya ini bertujuan untuk memberi kaum perempuan waktu istirahat dari kegiatan tradisional mereka. Namun, dipercaya juga kalau benda tajam dapat memutus keberuntungan kita.

9. Gak boleh minum obat

Kalau kita minum obat atau disuntik saat Imlek, ini dianggap dapat membuat kita sakit sepanjang tahun. Tapi, kalau memang sakitnya memang nggak bisa lepas dari obat, tetap minum aja ya! Kalau penyakitnya ringan dan gak gawat, masih boleh lah.

Mengunjungi rumah sakit juga dianggap tabu di hari Imlek. Ini dianggap akan membawa penyakit itu sendiri ke si pengunjung. Kecuali keadaannya gawat banget ya.

10. Jangan sampai ’kecopetan‘

Di hari Imlek, perhatikan detail apa aja yang kita punya. Jangan sampai ada orang yang mengambil tanpa izin karena ini melambangkan rezeki sepanjang tahun juga akan tercuri. Wah....

11. Hindari memberi hadiah yang terlarang

Selain angpao, ada orang yang memberikan hadiah saat hari Imlek. Tapi, perlu diingat ada beberapa benda yang tabu untuk diberikan. Misalnya jam karena dianggap sebagai harapan kematian untuk sang penerima. Ada juga buah pir yang kalau dibelah dimaknai sebagai hubungan yang rusak.

12. Jangan ucapkan selamat saat orang masih di tempat tidur

Perasaan antusias di CNY memang kadang gak terbendung, tapi sebaiknya jangan mengucapkan selamat tahun baru pada orang yang masih tidur. Ini dianggap sama seperti mengharapkan orang itu terbaring di kasur sepanjang tahun. Kan seram?

13. Gak boleh pakai baju jelek atau berwarna hitam putih

Jelek di sini bukan masalah selera, tapi lebih ke kondisi pakaian yang rusak atau tidak. Gak boleh deh pokoknya saat Imlek pakai baju yang rusak karena dianggap membawa kesialan. Warna baju yang dipakai juga harus selain hitam dan putih karena dua warna tersebut adalah pakaian berduka. Asyik, alasan buat belanja baju baru nih~

Nah, itu dia sederet tradisi unik yang dilakukan saat hari Imlek. Selamat tahun baru Imlek bagi yang merayakan! (*)

Baca juga perayaan Imlek ala para pemain DBL:

Tradisi ‘Pai’ Hiasi Imlek Evelyn Fiyo Sekeluarga

- Keluarga Zefanya Wajibkan Swab Test Sebelum Kumpul di Malam Imlek

Tanpa Cece dan Koko, Si Kembar Erlita dan Erlina Imlekan Sambil Movie Maraton

Related Articles
Interest
Peruntungan Shio Tahun 2020: Ayam Perlu Hati-hati, Babi Bernasib Baik

Interest
Kenapa sih Imlek Identik dengan Lampion Merah?

Interest
Event Imlek Seru di Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta