Current Issues

Tak Bisa Berkumpul Saat Imlek? Coba Ide Perayaan Imlek Saat Pandemi Berikut

Dwiwa

Posted on February 11th 2021

 

Perayaan Tahun Baru Imlek tahun ini akan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Gara-gara pandemi Covid-19, perayaan yang biasanya meriah dan dipenuhi dengan berbagai atraksi tidak akan ada lagi tahun ini.

Meski tidak ada kerumunan, parade dan perta kembang api yang penuh dengan lautan manusia seperti biasanya, tetapi tidak berarti jika kebahagiaan juga hilang. Kalian tetap bisa merayakannya dengan berkumpul bersama seluruh keluarga besar, tetapi tentu saja dalam acara virtual.

Harus diakui jika sejak pandemi menginvasi berbagai belahan dunia, kita telah berubah menjadi ahli dalam mengatur perayaan online. Yah, meskipun rasanya tidak akan sama dengan perayaan seperti biasa, tentu ini menjadi pilihan yang lebih baik daripada tidak sama sekali. Apalagi, semangat Tahun Baru Imlek adalah tentang kebersamaan.

Nah, karena tahun ini tidak memungkinkan bagi kita semua untuk berkumpul secara fisik, ini beberapa ide untuk perayaan Tahun Baru Imlek yang bisa dicoba.

 

Makan Malam Virtual

Cosmopolitan menyarankan agar orang-orang merayakan Tahun Baru Imlek tahun ini dengan mengadakan pesta makan malam secara virtual. Hal ini sebagai pengganti makan malam konvensional yang  biasanya dilakukan perjumpaan secara fisik. Makanan memiliki peran besar dalam perayaan Tahun Baru Imlek dan setiap makanan memiliki arti.

Agar suasana liburan lebih terasa, kalian bisa melakukan panggilan video kepada keluarga atau teman dekat sambil membuat dumpling keberuntungan sebelum akhirnya duduk dan makan bersama. Memang rasanya tidak akan sama dengan memasak bersama, tetapi ini tentu lebih baik daripada hanya sendirian.

 

Malam Mahjong

Ide lain dari Cosmopolitan adalah bermain Mahjong, permainan yang sangat populer dan digemari di berbagai wilayah Asia. Permainan ini sangat mudah dijumpai dalam film-film yang menceritakan kehidupan orang-orang Tiongkok, termasuk film populer Crazy Rich Asians.

Tetapi tentu saja dengan kondisi saat ini kalian tidak bisa memainkannya secara fisik bersama keluarga dekat. Tetapi dengan kemajuan teknologi, kalian bisa memainkannya secara online bersama dengan tiga orang terdekat.

 

Dekorasi

Hal yang tidak boleh dilewatkan dalam perayaan Tahun Baru Imlek adalah dekorasi. Jadi, ajaklah seluruh anggota keluarga untuk memasang berbagai pernak-pernik khas Imlek untuk menghiasi rumah. Ini akan membuat suasana Imlek akan lebih terasa.

Selain itu, dekorasi rumah yang sudah dipenuhi dengan suasana Imlek akan menjadi background yang bagus saat melakukan pesta secara virtual. 

 

Kenakan pakaian merah saat mengikuti pesta virtual

Merah adalah warna keberuntungan dalam budaya Tionghoa. Itulah sebabnya orang secara tradisional memakai warna ini selama Tahun Baru Imlek dan pernikahan. Agar pesta lebih terasa, coba buat janji dengan teman-teman dan keluarga untuk memakai tema dress code yang senada saat mengikuti pesta virtual.

 

Siapkan pertunjukkan bakat

Pertunjukkan bakat bisa menjadi hiburan yang menyenangkan saat kalian mengadakan pesta virtual. Buatlah rencana bersama keluarga maupun teman dekat yang terlibat dalam pesta untuk menyiapkan pertunjukkan spesial dalam perayaan Tahun Baru Imlek kali ini.

Tidak perlu sesuatu yang rumit, mungkin nyanyian, tarian atau bahkan stand up comedy bisa menjadi hiburan yang menyenangkan. Siapa tahu ternyata diam-diam kerabat dekat kalian memiliki bakat terpendam yang luar biasa.  (*)

 

Related Articles
Current Issues
Vaksin Pfizer Diklaim Bisa Lindungi dari Mutasi Baru Covid-19

Current Issues
30 Persen Penyintas Covid Mungkin Mengalami PTSD

Current Issues
Ada Bahaya Mengintai Jika Sembarangan Pamer Sertifikat Vaksinasi di Media Sosial