Current Issues

CDC Pastikan Masker Ganda Lebih Aman. Begini Cara Pakainya

Dwiwa

Posted on February 11th 2021

Penggunaan masker ganda menjadi pembicaraan hangat beberapa minggu terakhir. Banyak yang berspekulasi jika cara ini akan memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap Covid-19. Dan faktanya, masker tumpuk dua memang lebih aman.  

Dilansir dari Yahoo! News, penelitian yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mendapatkan fakta jika masker ganda memberikan perlindungan lebih baik bagi pengguna dalam melawan Covid-19.

Dalam hasil uji laboratorium yang dilakukan pada boneka ditemukan bahwa paparan aerosol yang berpotensi menularkan Covid-19, menurun sekitar 95 persen ketika kedua boneka menggunakan masker dobel. Ini termasuk masker medis yang ditumpuk dengan masker kain. 

Tidak hanya itu saja, eksperimen yang dilakukan CDC juga menemukan bahwa ada cara lain untuk membuat masker lebih efektif. Penggunaan lapisan nilon di atas masker juga membuat perlindungan meningkat hingga 90 persen.

Penggunaan mask fitter (penjepit masker) baik yang padat atau elastis di atas masker dan diikat di kepala atau dicantolkan di telinga secara benar menawarkan perlindungan lebih dari 90 persen.

Selain itu, CDC juga merilis beberapa panduan baru pada Rabu (10/2) tentang cara membuat masker lebih efektif. Berikut beberapa rekomendasi dari CDC.

1. Pastikan masker menempel dengan pas di wajah, karena jika sampai ada celah ada kemungkinan udara yang mengandung partikel infeksius bisa keluar masuk.

2. Pilih masker dengan banyak lapisan.

3. Pilih masker dengan kawat hidung.

4. Gunakan penguat masker atau penjepit.

5. Periksa jika ada celah.

6. Saat memilih lapisan, termasuk masker ganda dengan masker sekali pakai di bawah masker kain, perhatikan bahwa masker kedua harus menekan tepi masker yang pertama ke wajah.

CDC juga merekomendasikan agar orang-orang menghindari menggunakan dua masker sekali pakai. Hal ini karena masker sekali pakai tidak dirancang agar pas, dan memakai lebih dari satu tidak akan meningkatkan kesesuaiannya dengan wajah.

Apa yang direkomendasikan oleh CDC ini mempertegas berbagai pendapat yang belakangan ini menyebar luas terkait penggunaan masker yang lebih efektif dan efisien. Meskipun pedoman ini dibuat di Amerika, tetapi penerapannya bisa dilakukan di manapun, termasuk di Indonesia.

Perlu digarisbawahi jika memakai masker ini bukan suatu syarat agar bebas denda atau hukuman. Tetapi ini merupakan bentuk tanggung jawab dan kepedulian kita terhadap diri sendiri dan juga orang-orang di sekitar.

Jadi, pastikan saat kalian memakai masker sudah benar ya. Harus menutupi bagian hidung hingga bawah dagu. Antara masker dan kulit wajah juga harus rapat dan jangan sampai ada celah. (*)

Related Articles
Current Issues
Masih Bingung Kenapa Masker Itu Penting? Simak Jawaban Para Ilmuwan Ini

Current Issues
Direktur CDC: Semua Pakai Masker Selama 12 Minggu, Pandemi Bisa Dikendalikan

Current Issues
Hindari Masker Ini Karena Perlindungannya Tak Cukup Baik