Korea

Parasite Tercatat Sebagai Film Paling Banyak Ditonton Selama 2020

Delima Pangaribuan

Posted on February 11th 2021

(Koreaboo)

Awal 2020, film asal Korea Selatan Parasite mencengangkan dunia karena berhasil memenangkan Oscar. Gak heran kalau kemudian banyak orang penasaran sebenarnya Parasite itu film kayak apa.

Hasilnya, seperti diberitakan Koreaboo, Parasite tercatat menjadi film yang paling banyak ditonton selama 2020 lalu! Pertama dari penghitungan layar bioskop yang dilakukan oleh The Numbers, situs asal Amerika Serikat. Di AS saja, mereka berhasil tayang dua kali lipat lebih banyak setelah menang Oscar.

Sebelum Oscar, Parasite ditayangkan di 1.060 layar. Kemudian setelah menang, jumlah layar yang menayangkan film itu mencapai 2.001. Total penjualannya berkali lipat dari USD 403 ribu menjadi USD 1,752 juta seminggu setelah Oscar digelar. Itu kalau dirupiahkan, dari Rp 5,6 miliar jadi Rp 24 miliar!

Pendapatannya bisa meroket lagi, tapi sayangnya pandemi keburu melanda. Sehingga bioskop-bioskop pun tutup. Pendapatan dari layar pun menurun drastis. Eh, tapi tunggu dulu. Masih ada platform yang jadi alternatif setelah itu.

Seluruh dunia pun keranjingan nonton lewat layanan online streaming. Di sini pun, Parasite kembali berjaya. Apalagi orang-orang lebih mudah nonton kapan saja dan di mana saja. Dari catatan Korean Film Council, Parasite mengungguli ranking tontonan digital dengan jumlah 1,606 juta kali streaming selama 2020!

Parasite mendapat lisensi di 205 negara dan rilis di bioskop 71 negara. CJ Entertainment sebaga distributor film ini pun mencatat bahwa Parasite berhasil mengantongi USD 213 juta dari penayangan di luar Korea Selatan. Atau sekitar Rp 29 triliun! Wuih, duit semua itu... (*)

Related Articles
Entertainment
Miniseri 'Parasite' Diperebutkan HBO dan Netflix

Entertainment
'Parasite' jadi Film Asing Pertama yang Berhasil Memenangkan SAG Awards

Entertainment
Pemain 'Parasite' Dominasi Peringkat Atas Ranking Reputasi Bintang Film Korea