Current Issues

Tim WHO Memastikan Covid-19 Tak Berasal dari Kebocoran Laboratorium Tiongkok

Dwiwa

Posted on February 10th 2021

 

Asal-usul virus corona masih menjadi tanda tanya besar. Sejauh ini tim penyelidikan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang turun ke Tiongkok baru memiliki satu kesimpulan. Yakni, tidak mungkin virus tersebut berasal dari kebocoran laboratorium di Wuhan.

Sebagaimana diketahui, selama ini berkembang isu bahwa virus yang telah membunuh 2,3 juta orang di seluruh dunia ini bermula dari kebocoran laboratorium di Wuhan. Tapi, kepala misi WHO Peter Ben Embarek, seperti dilansir dari AP, menegaskan hal tersebut tidak benar.

Pernyataan ini disampaikan usai melakukan eksplorasi di kota Wuhan, Tiongkok selama empat minggu. Tempat di mana virus SARS-Cov-2 pertama kali diidentifikasi. 

Embarek yang juga merupakan pakar keamanan pangan dan penyakit hewan WHO ini mengatakan, para ahli saat ini sedang mempertimbangkan untuk tidak menyarankan penelitian yang berfokus pada kebocoran laboratorium. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan jika ke depan akan ada penyelidikan lebih lanjut untuk mencari petunjuk tentang asal usul virus Covid-19.

Terkait teori kebocoran laboratorium yang tidak mungkin untuk kasus ini, Embarak mengatakan pelepasan yang tidak disengaja jarang terjadi. Dan, tinjauan tim terhadap operasi laboratorium institut Wuhan menunjukkan akan sulit bagi apapun untuk meninggalkan tempat tersebut. 

Selain itu, ia juga mencatat bahwa tidak ada laporan virus ini di laboratorium mana pun sebelum pandemi. Liang Wannian, dari pihak Tiongkok yang juga mendampingi tim, juga menekankan tidak ada sampel di Institute Wuhan.

Embarek menambahkan, temuan awal menunjukkan jalur yang paling mungkin terjadi adalah penularan dari kelelawar ke hewan lain, baru ke manusia. Meski dugaan ini juga harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

Sebagaimana diketahui, WHO menerjunkan tim untuk melakukan penelusuran ke Tiongkok untuk menelusuri awal mula Covid-19. Tim tersebut terdiri dari para ahli yang berasal dari 10 negara. Mereka sudah tiba 14 Januari lalu.

Sejumlah daerah telah didatangi. Termasuk mengunjungi pasar ikan Huanan. Tempat di mana menjadi kluster awal kasus Covid-19 pada akhir 2019.

Misi tim sebagai langkah awal dalam proses memahami asal-usul virus. Sejauh ini para ilmuwan menyakini virus ini ditularkan dari manusia melalui hewan liar seperti trenggiling atau tikus bambu. Penularan langsung dari kelelawar ke manusia, atau melalui perdagangan makanan beku juga dimungkinkan.

Marion Koopmans, ahli virus Belanda yang termasuk anggota tim, menambahkan, beberapa hewan yang ada di pasar, rentan atau dicurigai rentan terhadap virus tersebut. Bukan hanya kelelawar, tapi juga termasuk kelinci dan tikus bambu.

Dari pihak Tiongkok sendiri tetap coba berkilah bahwa virus tampaknya telah menyebar di beberapa bagian kota, selain di pasar. Jadi ada potensi kemungkinan virus berasal dari tempat lain.

Sejauh ini tim tidak menemukan bukti bahwa penyakit itu menyebar lebih awal dari outbreak pertama, yang terjadi Desember 2019.(*)

Related Articles
Current Issues
Misteri Asal Usul Covid-19 Belum Terpecahkan, Ilmuwan Minta Investigasi Mendalam

Current Issues
Virolog: Kasus Covid-19 Pertama adalah Wanita yang Bekerja di Pasar Wuhan

Current Issues
Tiongkok Uji Ribuan Sampel Darah di Wuhan untuk Penyelidikan Asal-Usul Covid-19