Tech

Snapchat Minta Pengguna Cek Ulang Daftar Teman, Biar Bersih dari Fake Friend

Kezia Kevina Harmoko

Posted on February 10th 2021

Snapchat (Foto: BT)

Buat kamu yang masih aktif banget pakai Snapchat, media sosial satu ini baru aja meluncurkan fitur untuk mengecek daftar teman. Siapa tahu kan ada teman toxic yang ternyata follow kita  atau orang yang gak dikenal tapi ada di list. Biar akun tetap aman dari orang-orang yang nggak seharusnya melihat snap kita~

Fitur ini dinamai Friend Check Up. Kita bisa menemukan notifikasi dengan tulisan ”Snapchat is for Real Friends” di bagian profil. Kalau kita klik, daftar teman kita dari A-Z bakal muncul. Buat akun yang paling sering berinteraksi akan muncul di paling atas dengan status best friend. Sudah deh, kamu bisa scroll dan perhatikan setiap nama di daftar itu.

Kalau ada nama yang gak dikenal (atau dibenci, mungkin), klik agak lama di nama lalu pilih remove atau block. Bisa juga dengan mengetikkan nama di kolom pencarian fitur tersebut kalau kamu punya banyak banget teman dan susah menemukan nama yang dimaksud. Bye fake friend!

Fitur Friend Check Up (Sumber: Snapchat)

Fitur mengecek daftar teman ini dirilis Snapchat untuk memperingati hari Berinternet Lebih Aman (Safer Internet Day) pada Selasa (9/2) lalu. Platform satu ini memang berusaha membuat penggunanya terlindungi, apalagi setelah bekerja sama dengan komunitas MindUP dan Trevor Project. Kedua komunitas tersebut ingin agar para remaja bisa dipahami, didukung, dan terlindungi.

Sayangnya fitur yang akan dirilis secara global ini baru bisa digunakan dalam beberapa minggu ke depan untuk pengguna Android. Buat pengguna iOS, perlu waktu beberapa bulan lagi.

Kalau mau me-review daftar teman, sebenarnya kita bisa mengecek secara manual lewat bagian profil lalu pilih my friends. Tinggak klik agak lama nama yang mau dihilangkan atau di-block. Tapi memang, harus scroll satu-persatu. Ini buat yang temannya banyak aja sih, kalau pakai Snapchat cuma buat coba filter lucu-lucu, nggak perlu~

Di luar itu, fitur serupa TikTok milik Snapchat, Spotlight, berhasil mencapai 100 juta pengguna dalam waktu singkat. Pengguna di sebagian negara juga punya kesempatan meraih Rp14 miliar hanya dengan bikin video singkat di Spotlight. (*)

Related Articles
Tech
Snapchat Rilis Fitur Mirip TikTok, Spotlight, Video Viral Dibayar Rp 14 Miliar!

Tech
Asyik! Snapchat Sekarang Punya Akun Kreator dan Bisa Pamer Jumlah Subscriber

Tech
Snap Luncurkan Alat di Snapchat untuk Ingatkan Pengguna Bahaya Narkoba