Tech

Twitter Cari Cara biar Cuan Lebih Banyak, dari Tip Konten Sampai Fitur Unsend

Cari untung lebih tinggi~

Kezia Kevina Harmoko

Posted on February 9th 2021

Twitter lagi mencari cara agar bisa memungut biaya langganan (subscription) dari pengguna untuk meningkatkan pendapatan mereka. Rencana ini sebenarnya sudah terdengar sejak pertengahan tahun 2020 lalu, namun resmi dikonfirmasi pada Bloomberg Senin (8/2) lalu. Walaupun nggak detail, Twitter memang lagi riset dan bereksperimen untuk model platform yang baru.

Langkah Twitter yang berencana membangun layanan berbayar ini bertujuan untuk meningkatkan pemasukan perusahaan tersebut. Selain itu, langkah membuat model subscription ini juga agar pendapatan platform tersebut tidak terus bergantung pada biaya iklan. Biar lebih beragam sumber pemasukannya.

Ada beberapa cara yang diperkirakan akan digunakan media sosial satu ini untuk memungut bayaran. Nih beberapa di antaranya.

1. Langganan konten eksklusif

Cara yang paling sering terdengar adalah subscription untuk konten eksklusif. Kemungkinan ada timeline khusus untuk twit spesial yang hanya bisa diakses oleh pengguna yang berlangganan.

Platform tempat curahan hati dalam bentuk teks ini juga baru aja membeli start-up surat kabar Revue, di mana seseorang bisa membuat koran mereka sendiri dan menjualnya untuk yang mau baca. Bisa jadi akuisisi tersebut mengawali layanan berlangganan untuk surat kabar buatan pengguna Twitter.

2. Kasih tip

Yang kedua ada fitur memberi tip. Terkadang para seniman, kreator, penulis, atau pembuat konten apapun membuka platform berdonasi untuk pecinta karya mereka yang berbaik hati mau kasih sejumlah uang. Yang paling sering sih Patreon atau kalau lokal ada Karyakarsa. Kalau Twitter membangun layanan serupa, ada bagian dari pendapatan kreator yang masuk ke perusahaan tersebut. Kan lumayan tuh?

Dilansir dari TechCrunch, bisa jadi pula layanan memberi tip dimanfaatkan untuk fitur clubhouse bernama Twitter Spaces. Fitur tersebut memungkinkan pengguna membuat sebuah ruangan pribadi berisi beberapa puluh orang untuk saling berkomunikasi melalui audio. Mungkin ada pembicara terus kalau pendengarnya suka, bisa kasih tip?

3. Fitur khusus

Twitter sempat melakukan survei ke pengguna di tahun lalu untuk mengetahui fitur apa yang mau diadakan secara berbayar. Ada beberapa pilihan seperti bisa mengunggah video yang lebih HD dan durasinya lebih lama, warna, tagar, dan stiker custom untuk profil, lencana (badge) di profil yang bisa menunjukkan status tertentu, respons otomatis (kayak chat Shopee gitu lho), dan pilihan unsend atau undo send (mirip sama fitur impian banyak pengguna Twitter, edit twit).

Ide lain yaitu upgrade agar semua iklan yang ada bisa hilang. Mirip seperti yang biasa dilakukan games gratis, kalau mau menghindari iklan pop-up atau kewajiban menonton video iklan sampai habis, kita harus bayar sejumlah uang.

Masih belum jelas apakah ide-ide layanan berbayar tersebut memang lagi dikerjakan Twitter atau tidak. Mari kita tunggu aja deh perkembangan selanjutnya.(*)

Related Articles
Tech
Twitter Akan Rilis 3 Fitur Baru, Konten Berbayar sampai Fitur Mirip Clubhouse

Tech
Ogah Di-Tag Sembarangan? Tenang, Twitter Lagi Bikin Fitur Unmention Yourself

Tech
Twitter Hapus Fitur ‘Fleets’, Cuma Bertahan 8 Bulan karena Pengguna Sedikit