Tech

TikTok Bisa Akses Semua Lagu Universal Music Group, Kebalikan dari Triller

Triller malah lagi tengkar sama UMG...

Kezia Kevina Harmoko

Posted on February 9th 2021


(Foto: James Martin/CNET)

TikTok dan label musik Universal Music Group (UMG) baru aja sepakat untuk bekerja sama. Kesepakatan ini memperbolehkan aplikasi video tersebut menggunakan semua musik dari label tersebut. Selain itu, bakal ada eksperimen untuk fitur baru yang dibangun khusus dari kerja sama ini.

Menariknya, kesepakatan TikTok ini kontras dengan apa yang lagi dirasakan sama Triller, saingan dari apikasi buatan ByteDance tersebut. Sabtu (6/2) lalu, Triller justru tidak melanjutkan kerja sama dengan UMG karena merasa diperas oleh label musik itu. Di sisi lain, UMG menuduh Triller menahan pembayaran untuk para artis mereka. Saling tuduh-menuduh deh.

Dengan kerja sama yang disebut ”persekutuan global” ini, semua pihak memperoleh keuntungan yang imbang. Pengguna TikTok bisa menggunakan lebih banyak lagu untuk mengiringi video mereka. Kreator TikTok juga boleh menggabung-gabungkan musik atau mash-up atau remix. Karena pilihan sound makin banyak, aplikasi tersebut bisa digunakan lebih banyak pengguna.

Untuk UMG, cuan yang diterima bisa makin tinggi. TikTok memang ladangnya menyukseskan lagu, mulai dari yang terbaru sampai lagu lama sekalipun. Kesempatan bikin lagu yang viral jadi makin besar. Artis di bawah naungan label tersebut bisa makin bersinar. Sebut saja lagu Old Town Road dari Lil Nas X, Lathi karya Weird Genius, sampai Savage dari Megan Thee Stallion. I’m a savage~ Classy, bougie, ratche~

Kerja sama ini penting agar pengguna TikTok bisa bebas menggunakan lagu-lagu dari label tersebut. Kalau nggak ada kesepakatan ini, kalau kreator menggunakan lagu dari label UMG, TikTok bisa dituntut dengan dasar pelanggaran lisensi.

Selain dengan UMG, TikTok juga bekerja sama dengan label Sony Music, Merlin (agensi untuk musisi indie), dan Warner Music Group. Dengan semua label ini, katalog musik TikTok bisa dibilang lengkap banget terutama buat lagu-lagu yang sudah populer.

Di luar itu, TikTok baru aja menyelenggarakan Tailgate Show untuk acara olahraga Super Bowl LV pada Minggu (7/2) lalu. Acara spesial itu menghadirkan Miley Cyrus yang nge-rock banget. Selain itu, tiruan TikTok buatan Snapchat, Spotlight, sepertinya akan bisa jadi pesaing karena jumlah penggunanya yang bertambah drastis.(*)

Artikel Terkait
Tech
Universal Music Group Cabut Semua Lagu dari Saingan TikTok, Triller

Entertainment
TikTok Bikin Musik Zaman Sekarang Hanya Fokus Jadi Viral, Benar Nggak sih?

Tech
TikTok Resmi Diblokir AS, Pengguna Nggak Tertarik Beralih ke Aplikasi Lain